Sunday 27 October 2013

Jadi Guru Itu Bagusnya Gimana Sih?

Sebenernya, postingan ini mau gue share kemaren. Tapi, karena kemaren gue ada acara, jadi terpaksa postingan ini baru bisa gue share hari ini. Ngerti kan ya, kemaren itu malem minggu. Sebagai jomblo, gue gak terkesan hina-hina banget kan? :p

Oke, gak usah basa-basi lagi deh. Yuk dimulai postingannya~

Ngomongin masa depan emang gak ada abisnya. Apalagi, kalo ngeliat dari kondisi gue saat ini, kayaknya masa depan gue gak akan secerah kulit Raisa. Kenapa gue bisa bilang gitu? Karena, niat gue belajar buat UN itu NOL BESAR. Bukan. Bukannya gue gak "pengen bisa". Jujur, gue pengen bisa semua mata pelajaran, tapi kebanyakan guru yang ngajar di sekolah gue itu, bisa dibilang gak enak banget. Gak semua ya, cuma beberapa.

Sebenernya, kalo guru-guru di sekolah itu bisa bikin anak muridnya "nyaman", pasti kita-kita bakal gampang nangkep pelajaran yang mereka terangin. Setuju gak?


Gue punya beberapa sifat guru yang bisa bikin anak muridnya nyaman. Apa aja tuh? Baca aja nih:

1. Super Care

Guru yang perhatian banget, pasti disenengin sama murid-muridnya. Iyalah, gimana nggak? Judulnya aja udah perhatian banget. Pasti kalo kita dapet nilai jelek, guru itu bakal bantuin dan ngasih solusi ke kita supaya dapet nilai bagus. Kayak, ngasih motivasi gitu deh.

2. Killer

Nah, kalo ini sih udah jelas ya. Mana ada murid yang suka sama guru killer? Gak ada kan? Jadi guru killer itu emang gak enak. Dia pasti jadi bahan omongan terus sama murid-muridnya. Contoh simpelnya gini, hari ini lo ada pelajaran Fisika. Guru Fisika lo itu galak banget. Kebetulan, pelajaran Fisika itu ada di jam ketiga. Nah, diantara jam kesatu dan kedua, pasti lo atau temen-temen sekelas lo ada yang nanya, "Eh, guru Fisikanya masuk gak sih?" Iya gak? Kalo di sekolah gue sih, iya. Tapi bukan pelajaran Fisika hehe.

3. Keibuan/Kebapak-an

Sebenernya, ini mirip-mirip gitu sama poin pertama. Jadi, setiap guru yang punya sifat keibuan/kebapak-an, pasti bisa ngertiin muridnya yang gak bisa nangkep pelajaran mereka. Ketika muridnya gak bisa, mereka gak marah atau malah nanya, "bukannya dulu ini pernah diajarin dikelas blablabla ya? Masa kamu gak bisa sih?". Yup! Yang namanya seorang ibu/bapak, pasti pengen yang terbaik buat anaknya. Right?

4. Sahabat

Nah! Yang terakhir ini, gak perlu gue jelasin panjang lebar deh. Guru yang bisa dijadiin sahabat dan tempat curhat keluh kesah kita, pasti disukain sama murid-muridnya. Gimana nggak? Setiap orang kan punya masalah, kita pasti pengen ada orang yang mau dengerin masalah kita itu. Apalagi, kalo sampe dikasih wejangan-wejangan yang bikin kita maju.

Oke,segitu aja sih sifat-sifat guru yang menurut gue bisa bikin "mood" belajar gue naik. Kalo lo mau nambahin, lo bisa tambahin di comment box, nanti gue tambahin di postingan ini hehe :)

Bye~

14 comments:

  1. Simplier, jangan jadi guru :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bisa tuh. Apalagi, kalo pengetahuan kita masih di bawah standar :))

      Delete
  2. Guru yg bersahabat. Apalagi kalau ngasih nilainya bersahabat.
    Cita-cita ane jadi guru. Guru besar! :x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener tuh! Amin deh lu jadi guru besar, bro :)

      Delete
  3. Hayooo suka ngomongin guru di belakang ya.

    Awas kualat lo.

    Hehee..

    ReplyDelete
  4. Gua pernah jadi pembina pramuka selama 10 tahun lebih jadi gua tau banget rasanya gimana susahnya jadi seorang guru. Menurut gua, jadi guru yg baik tuh bukan semata2 dari kitanya, tapi juga harus melihat murid2nya. 50-50 lah bisa dibilang. Kita harus berusaha menyesuaikan diri dengan murid kita dan kita harus berusaha membuat murid2 sesuai sama kita. Teaching is an art after all...

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Menyesuaikan diri dengan murid kita". Keren tuh bro :)

      Delete
  5. Sebenernya guru itu baik kok. Pengen murid-muridnya lulus ujian dan nyuruh belajar. Tapi caranya aja yang beda-beda. hehe
    salam kenal dari adminnya http://ceritaulil.blogspot.com.. jangan lupa follback ..

    ReplyDelete
  6. 1.jangan terlalu galak
    2.jarang ngasih tugas
    3.selalu tampil ceria
    niscaya anda akan di pecat dalam seminggu

    ReplyDelete
  7. satu hal tentang pandangan serunya jadi guru, lo harus ntn GTO (Great Teacher Onizuka), kalo udah, itu sedikit bisa memotivasi. gimana guru itu seharusnya hehehe filmnya juga seru, adalah quote2nya yg bagus :)

    ReplyDelete

Pageviews

bayupradhana. Powered by Blogger.

Followers