Sunday 16 June 2013

Dulu, Sekarang, dan Nanti


Masa lalu.
Pasti semua orang pernah punya masa lalu yang indah dan masa lalu yang menyedihkan. Mungkin, waktu kita ngalamin masa lalu yang indah, kita pernah bilang dalem hati "Coba aja waktu bisa diulang. Gue pengen kayak dulu lagi."

Tapi waktu kita punya masa lalu yang menyedihkan, kayak misalnya kita abis diputusin sama doi yang udah kita sayang banget. Mungkin kita bilang dalem hati "Kenapa dia kayak gitu? Salah gue apa sih?" Itu baru kemungkinan lho. Gue gak bilang pasti. Tapi jujur, Yang dulu-dulu yaudahlah gak usah diurusin lagi, gak usah dipikirin lagi. So? Itu masa lalu. Kalo masa lalu lo indah, yaudah. Lo cuma bisa kenang itu sampe lo tua nanti. Sama kayak masa lalu lo yang menyedihkan. Lo cuma bisa kenang aja. Lo gak bakal bisa ngerubah keadaan masa lalu lo itu yang tadinya jelek jadi bagus.

Jalanin aja hidup kita sekarang ini. Karena kita hidup bukan buat mikirin masa lalu. Kita harus ngelakuin apa yang seharusnya kita lakuin. Kayak "Harus ngapain gue sekarang?" "Harus kemana gue sekarang?" Mungkin, lo mikir kalo masa lalu itu buruk banget. Makanya sekarang bisa jadi kayak gini. Itu gapapa kok. Asal, kita mau ngerubah diri kita jadi lebih baik dari sekarang.

Kalo bisa sekarang, kenapa harus nunggu besok? Iya gak?

Gue bukan bilang kalo masa lalu lo itu buruk. Tapi siapa tau ada salah satu dari lo yang baca postingan ini punya masa lalu yang buruk juga kayak gue. Mungkin kalo bisa dibilang, gue telat buat ngerubah diri gue jadi lebih baik lagi. Ibaratnya sih, mirip-mirip peribahasa "Bagaikan telur diujung tanduk." Kalo gak salah sih kayak gitu peribahasanya.

Tapi yang penting, bukan gimana masa lalu kita. Yang penting itu, gimana kita nanti kedepannya. Bener gak? Jangan sampe deh, hidup kita dibebanin sama masa lalu. Dibawa enjoy aja. Kalo gue pribadi sih gitu. Gue selalu berusaha ngebawa enjoy suasana gue. Meskipun dipikiran gue berbayang-bayang "Duh, gimana nih nasib gue nanti." Kadang gue suka ngeluh juga. Tapi usahain aja buat enjoy.

Inget, kita hidup sekarang itu bukan buat mikirin masa lalu kita. Tapi mikirin gimana nanti masa depan kita :)

BYE~

7 comments:

  1. masa lalu juga ga boleh dilupakan, kadang dibutuhkan untuk dijadikan pelajaran dan pijakkan melangkah kedepan, ya nggak?

    ReplyDelete
  2. The past is our definition. We may strive, with good reason, to escape it, or to escape what is bad in it, but we will escape it only by adding something better to it.

    ReplyDelete
  3. karena lewat masa lalu, kita bisa koreksi diri biar jadi lebih baik :))

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. setuju sama si abang arif('-')b dan... tidak ada kata terlambat :)

      Delete

Pageviews

bayupradhana. Powered by Blogger.

Followers