Saturday 27 September 2014

Ini Tujuanku, Apa Tujuanmu?

Belum lama menyandang gelar sebagai mahasiswa, tiba-tiba aja kemaren gue kepikiran sesuatu. Padahal, gak biasanya gue mikir jauh ke depan. Biasanya sih, gue mikir kalo lagi "pengen" aja. Kalo nggak? Ya nggak mikir. Jujur aja deh, Ujian Nasional kemaren aja, gue ngerjain beberapa soal itu pake bocoran. Gue nggak tau bocoran itu bener apa nggak, karena gue sendiri nggak ngerti "maunya soal-soal itu tuh apa?". Maklum, kalo masuk IPA-nya gambreng emang nggak bisa diboongin.................kebodohannya.

Beberapa soal UN gue jawab dengan ngikutin bocoran soal yang ada. Jadi ada beberapa soal alias mata pelajaran yang gak dapet bocorannya. Miris? Banget. Apalagi buat orang-orang kayak gue, mau gak mau cuma bisa mengandalkan "nalar binatang"-nya doang. Alhasil, ya NEM gue di ijazah kecil.

Ya... Tapi itu kan udah lewat. Yang namanya hidup itu kan harus bergerak ke depan. Meskipun, kadang kita juga harus liat ke belakang buat ambil pelajaran-pelajaran berharga di sana.

Anyway, kemaren-kemaren ini gue ngerasain gimana nggak enaknya jadi seorang mahasiswa. Gue bisa ngabisin seratus ribu lebih cuma buat dua hari. Dan gue gak tau, duit itu abisnya buat apaan aja. Miris? Emang. Kalo duit abis, mau gak mau gue harus minta sama bokap gue. Dan itu paling nggak enak banget. Kenapa? Karena gue malu. Gue ngerasa udah dewasa, tapi duit masih aja minta sama orang tua.

Makanya, di masa-masa awal gue kuliah ini, gue pengen banget ada kerjaan. Tapi, yang nggak ganggu waktu kuliah gue. Seenggaknya, meskipun gue belum bisa bayar uang kuliah sendiri, tapi kalo buat jajan dan bensin mah ada lah gitu.. Kan jadi bisa ngurangin pengeluaran bokap sama nyokap gue juga :)


Kalo gue pribadi sih, kayaknya enak kerja jadi EO (Event Organizer) gitu. Gimana nggak? Setiap tahun pasti ada aja yang butuhin. Gak usah ke EO yang bikin acara-acara gitu dulu. Buku tahunan aja deh. Setiap tahun kan pasti ada yang lulus sekolah. Pasti mereka pengen dong ada kenangan-kenangan gitu di sekolahnya? Apalagi SMA. Otomatis, mereka pasti butuh buku tahunan. Supaya apa? Supaya kalo lagi kangen, dia tinggal buka buku tahunan sekolahnya.

Nah, planning gue sih pengen nyoba-nyoba jadi EO buku tahunan sekolah dulu. Menurut lo, susah nggak sih kerja jadi EO itu? Terus kalo ngebangun EO itu dari awal, gimana sih cara supaya client-client percaya sama kita? Gue bakal terima semua masukan dari kalian kok. Makasih sebelumnya! :)

11 comments:

  1. bisa juga sih kalau ingin merintis bisnis EO. Sepengetahuanku sih, begini :

    1. Memiliki tim yang solid. Ya tahu sendiri dong, kalau EO gak bisa berdiri sendiri, harus memiliki tim. Biar jelas jobdesnya apa, si A jobdesnya layout buku tahunan. si B jobdesnya bikin presntasi yang keren untuk menarik pelanggan. Kalau dikerjakan sendiri, hasilnya gak maksimal, apalagi adanya tim bisa bertukar pikiran dan bisa juga mengeluarkan ide - ide hebat.

    2. Kalau ingin dipercaya oleh calon konsumen. Biasanya menyiapkan presentasi yang keren, slide presentasi dibuat "hidup" artinya bisa menyentuh hati konsumen kamu, kan ini buku tahunan yang memorable gitu. Biasanya juga mencantumkan profil usahamu, portfolio yang sudah bekerjasama dengan kamu.

    3. Oiya, karena kita hidup di Indonesia, bisa gali lebih dalam lagi tentang orang Indonesia. Orang Indonsia suka loh sama yang namanya diskon atau gift. Kayak beli satu dapat dua. Orang Indonesia masih mempertimbangkan masalah harga.

    4. Kalau ini merupakan proyek pertama kamu, kasih harga "pertemanan" ya lumayan buat memperpanjang portfolio usaha kamu. Portfolio bisa dijadikan alat promosi dan alat kepercayaan untuk pelanggan kamu berikutnya.


    Sukses yaaaa ^_^

    ReplyDelete
  2. Wah... sukses ya!
    Di samping EO, juga asyik tuh kalau coba kirim tulisan ke media. Atau kalau enggak, pasang iklan yang pay per click itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih banyak ya! :D
      boleh juga tuh gimana caranya ya kalo boleh tau? :)

      Delete
  3. Semangat semangat semangat. sesusah apapun, tetap semangat

    ReplyDelete
  4. Bantu promosiin blog gua dong bay.. gua join group kk sama wb blom diacc niyyy

    ReplyDelete
  5. wah gw sering tuh di panggil eo buat ngisi acara.

    ReplyDelete
  6. Waktu kuliah gw buka toko digital print bareng temen gw. Cetak foto di kaos, mug, tas, pin ya gitu deh, lumayan semenjak itu gw ga pernah minta uang lagi buat jajan dan isi pulsa tapi klo bayar kuliah gw tetep minta :)

    ReplyDelete

Pageviews

bayupradhana. Powered by Blogger.

Followers