Wednesday 17 February 2016

Valentine Haram?

google.com


Ada banyak perspektif tentang adanya hari valentine yang dirayakan setiap tanggal 14 Februari. Beberapa orang merayakannya dengan orang yang mereka sayangi, tapi beberapa orang lagi, lebih memilih untuk tidak merayakannya sama sekali. Alasannya beragam; gak punya pacar, gak punya gebetan, gak ada uang buat ngasih coklat atau bunga, dan yang paling krusial adalah 'karena haram'.

Sebenarnya apa, sih, yang diharamkan dari hari kasih sayang? Kalau gue pribadi, gue kurang setuju dengan pemikiran segelintir orang yang menyatakan valentine itu haram. Karena menurut pemikiran gue yang sempit ini, gak ada yang salah dari mengapresiasikan rasa kasih sayang kepada sesama selama satu hari, entah itu dalam bentuk apapun. Bukankah kita hidup untuk saling mengasihi dan menyayangi semua orang? Terus, kenapa harus diharamkan?

Gue disini netral. Gue tidak merayakannya, tidak juga bilang kalau valentine itu haram. Jadi, untuk lo yang bilang valentine itu haram, coba pikir menggunakan akal sehat lo. Jangan disangkut-pautkan dengan agama terus.

"Gue nggak mengharamkan valentine. Tapi bukannya kasih sayang bisa dirayakan setiap hari? Gak perlu nunggu tanggal 14 Februari dulu, kan?"

Apa kabar dengan hari ibu? Apa menunjukkan kasih sayang sama nyokap harus nunggu hari ibu dulu? Bukannya setiap hari bisa? Apalagi itu nyokap sendiri, yang membesarkan lo sampai detik ini.

Intinya gini, kalau lo mau merayakan, ya, silahkan. Nggak juga gak papa, kok. Jangan mempersulit segala sesuatunya. Lagipula, hari kasih sayang itu gak melulu untuk pacar atau gebetan, kok. Namanya juga kasih sayang. Cakupannya luas. Lo bisa merayakannya dengan memberikan makanan atau pakaian layak pakai kepada mereka yang membutuhkan, sebagai tanda kasih sayang terhadap sesama. Bisa juga membersihkan sampah yang berserakan di sekitar rumah lo, sebagai tanda kasih sayang terhadap lingkungan. Dan masih banyak lagi cara untuk merayakan hari kasih sayang. Gak melulu soal pacar, atau gebetan.

Kalau menurut lo tentang masalah ini gimana? Tulis pendapat lo di kolom komentar ya.

3 comments:

  1. Sependek pengetahuan saya kalau ditelisik diajaran agama saya tidak ada contohnya (oleh Rasul kami) untuk merayakan hari beginian, jadi simple aja sih, ga ada contoh ya ga dikerjakan, gitu aja

    Ini pendapat saya
    Monggoooo

    ReplyDelete
  2. gue dan pacar ga merayakan beginian.
    padahal valentine budaya dari negaranya...
    tapi dia malah ogah ngerayain beginian.
    Konyol katanya.

    ReplyDelete
  3. gua bilangin Aldo aaah.. tulisan lu yg ini.. biar dapet wejangan rohani, kayak komentar di atas..

    ReplyDelete

Pageviews

bayupradhana. Powered by Blogger.

Followers