Thursday 19 March 2015

Sekilas Tentang Dunia Pertelevisian Indonesia

Selama bulan Maret, gue sibuk menggali ide buat ditulis di blog kusam gue ini. Kadang ide udah dapet, tapi bingung gimana cara gue memulainya. Gue akuin, memulai itu bukan hal yang gampang. Bisa dibilang, gampang-gampang susah, deh.. Tapi kalo kita mau coba terus, pasti bisa ketemu jalan keluarnya kayak gimana.

Contohnya kayak postingan ini. Postingan ini sebenernya pengen gue tulis dan publish di awal bulan Maret kemaren. Tapi, kayak yang gue bilang tadi, gue susah buat memulai. Jangankan memulai bikin paragraf pertama, memulai kenalan sama lawan jenis aja, kadang suka bikin aliran darah gue gak teratur, detak jantung yang gak normal, dan produksi keringat yang berlebih..

Oke. Yang terakhir itu cuma bercanda. Karena hidup itu jangan terlalu dibawa serius. Harus ada yang melenceng sedikit biar gak stress-stress amat.

Nah, postingan ini baru akan dimulai. Jadi, selamat membaca! :)

Kalo dilihat-lihat, acara TV di Indonesia sekarang memprihatinkan banget. Banyak acara yang gak mendidik, dan minim acara yang bisa mendidik para penontonnya, terutama buat anak-anak dibawah umur. Meskipun banyak acara yang gak mendidik, tapi masih banyak juga umat manusia yang menontonnya.

en.wikipedia.org


Seperti yang gue bilang di atas, banyak acara TV di Indonesia yang gak mendidik para penontonnya. Atau, bahasa kasarnya adalah "gak guna". Misalnya, acara yang nayangin tentang resepsi pernikahan secara live, dan ditayangin berjam-berjam di televisi. Mendidik? Pesan apa yang bisa diambil dari acara itu? Menghibur? Dibagian mana lo merasa hal itu adalah hal yang lucu dan menghibur?

Mungkin, emang udah kodrat seorang selebriti atau selebritas itu muncul di TV. Tapi, apa harus jadi bahan perbincangan dan ditayangin terus berhari-hari? Menurut gue nggak.

Sinetron-sinetron tentang percintaan remaja juga menurut gue seharusnya gak usah tayang. Kenapa? Karena sinetron-sinetron itu rata-rata tayang di jam-jam anak-anak dibawah umur masih melakukan aktifitasnya. Entah itu lagi makan, belajar, atau yang lain sebagainya. Kalo TV selalu menyuguhkan atau memberikan acara-acara yang "gak penting" kayak gitu, mau jadi apa generasi muda Indonesia selanjutnya?

Anak dibawah umur, akan mengikuti atau mempraktekan sesuatu yang dia lihat dan mungkin menurut dia menarik. Mau, anak, cucu lo nanti masih kecil udah ngomong sayang-sayangan sama lawan jenisnya? Gue sih nggak. Kalo misalnya masih sekedar suka aja, menurut gue itu wajar dan manusiawi.

Selain dua hal yang gue sebutin diatas, ada satu acara lagi yang mau gue bahas. Yaitu acara yang "katanya" adalah acara hiburan alias acara yang bisa menghibur para penontonnya.

Menurut gue, acara yang menghibur itu acara yang bisa menghilangkan stress, penat, dan bisa bikin ketawa. Tapi di Indonesia, masih ada acara TV yang katanya menghibur, tapi gak ada lucu-lucunya sama sekali. Malah, ada acara TV yang gue gak tau, tentang apa acara itu, dan ngebahas apa acara itu. Isinya cuman host yang saling mengejek dan menertawakan host lainnya. Miris..

Mungkin, cuma itu aja yang mau gue tulis di postingan kali ini. Gue bukan mau sok pinter atau sok-sokan yang lainnya. Gue cuma mau ada perubahan di dunia pertelevisian Indonesia yang menurut gue itu-itu aja dan gitu-gitu aja.

Dan pesan buat para umat manusia yang bekerja di stasiun TV, gue pengen ada lagi kartun di Minggu pagi. Karena menurut gue, banyak orang yang pengen ada kartun di hari Minggu pagi juga. Bukan gue doang. Apakah kartun itu mendidik? Nggak juga. Tapi film kartun itu menghibur penonton secara sadar maupun nggak sadar.

Makasih buat waktu luang yang udah lo buang buat baca tulisan ini. Gue harap, tulisan ini bisa merubah dunia pertelevisian di Indonesia.

Oh iya! Jangan lupa, kita masih punya hak untuk itu semua. Matiin TV-nya kalo emang menurut lo acara itu kurang bagus atau kurang menarik :)

10 comments:

  1. Aku udah jarang nonton tipi bang, udah bosen acaranya ngebosenin.. Weheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut gue itu bagus hehe. Makin banyak yang gak nonton acara yang ngebosenin itu, makin turun rating acara itu. Kalo udah turun ratingnya, biasanya acara itu bakal diganti dengan acara lain.

      Delete
  2. Nonton aja NET televisi masa kini :D

    ReplyDelete
  3. sekarang mah, TV bukan lagi tuntunan hanya tontonan belaka kawan. miris..

    ReplyDelete
  4. kartun mendidik ko bang.. buktinya generasi 90 an masih bisa kritis dan berpikir logis.. walau tontonan tiap minggu kartun doang.. no siluman siluman... miris juga bang

    ReplyDelete
  5. gua juga udah jarang banget nonton tv sekarang. paling nonton net doang. itupun gak terlalu sering. kalau tv yang lain, angkat tangan deh. nyerah. baru pagi2 aja udah diajak goyang-goyang gak jelas.

    ReplyDelete
  6. Menurut gue sih, kenapa mereka nayangin acara cinta-cinta, ya karena demand nya tinggi. Orang-orang TV mungkin ga seidealis lu bro, mereka pasti mikir juga bikin acara yang mendapatkan profit tinggi itu apa, salah satunya sih yaa acara cinta-cinta gitu hehe
    Kalo gak salah, Indosiar masih nayangin acara kartun minggu pagi. Kalo ga salah yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi! Acara cinta-cintaan emang kemungkinan besar disukain sama remaja-remaja, terutama cewek. Gue juga suka nonton acara cinta-cintaan, tapi FTV. Meskipun gue udah tau bakal "happy ending" tapi tetep gue tonton. Karena dari acara FTV itu, kadang gue bisa dapet ide cerita buat dikembangin hehe :)

      Delete
  7. menurut gue sih, gue mulai kurang nyaman nonton tv sejak kartun-kartun berkurang dan digantikan sinetron. Bukan karena gue childish atau gimana, tapi memang gue merasa terhibur dan sedikit terdidik oleh kartun. Sekarang gue hampir nggak pernah nonton tv, paling cuma nonton bola sama acara berita bola yang ada "onestop" di judulnya itu. Gue sekarang beralih ke online tv a.k.a youtube, yang menurut gue lebih efisien dalam hal menghibur.

    ReplyDelete
  8. Udah lama ga nnton tv. tau sendiri kualiatas acara tv sekarang kayak gmna

    ReplyDelete

Pageviews

bayupradhana. Powered by Blogger.

Followers